Monday, 20 April 2015

Ledre Makanan Khas Bojonegoro

Ledre Makanan Khas Bojonegoro

Bojonegoro adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan produk buatannya sendiri.
Banyak orang ingin mengunjungi Bojonegoro karena memiliki makanan khas yang disebut “Ledre” Pisang Raja.

Ledre adalah jenis makanan ringan, khas dari Bojonegoro. Makanan ini dibentuk dengan cara digapit (seperti keripik emping yang digulung) dengan aroma pisang yang manis.
Yang menyenangkan dari makanan ini adalah rasa dari pisangnya. Ledre ini adalah makanan ringan khusus dari Bojonegoro yang terbuat dari gula, tepung, dan pisang, lalu digulung, sehingga tampak seperti tongkat. Ledre dengan rasa pisang telah menjadi snack favorit dari sebagian besar pengunjung.
Penganan berupa  kue ringan ini berbentuk gulungan  seperti kue stick roll,  astor atau kue smprong . Panjang Ledre  sekitar  20 cm dan diameter 1,5 cm  atau Lebih kecil ukurannya dari kue semprong. Beratnya cukup ringan dengan warna coklat muda yang menggoda. Rasanya cukup manis dengan cita rasa dan  aroma pisang.
  

Resep cara Membuat Ledre


Bahan-bahan:


  • 250 gr tepung ketan
  • 1 btr kelapa agak muda, parut kasar
  • 5 bh pisang raja, lumat kasar
  • 250 ml air
  • 1 sdt garam
  • 100 gr gula
  • 1/2 sdt vaniliTABURAN:
  • gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus gula, garam, dan vanili dengan 250 ml air hingga larut.
  2. Masukkan parutan kelapa muda,aduk-aduk. Matikan api.
  3. Selagi masih panas, masukkantepung ketan sehingga membentuk adonan kental.
  4. Siapkan wajan anti lengket, olesi dengan mentega tipis-tipis. Beri 2 sendok adonan, tekan-tekan dengan punggung sendok hingga tipis (ketebalan 1/2 cm). Beri 1-2 sdm pisang yang telah dilumatkan. Ratakan, taburi dengan gula pasir. Tutup wajan agar pisang matang.
  5. Bila bagian bawah sudah berkerak agak gosong, lipat ledre. Sisihkan.
  6. Lakukan hingga semua adonan habis. sajikan.

Tips Membuat:

Sebelum diparut kelapa dikerok dulu kulit arinya ya. Pisang raja pilih yang benar-benar matang. Kalau tidak, pisang biasanya berasa sepet, kelat di lidah. Jadi kalau tidak ada pisang raja masak pohon, mending pakai pisang kepok.Tepung ketan usahakan hasil gilingan baru. Kalau ada tempat penggilingan dekat kita giling aja di situ. Bisa numpang digilingkan agak kasar, jangan yang lembut banget. Jadi masih ada butiran-butirannya gitu. Atau bisa saja kita buat sendiri,gunakan saja food processor. Porsi tepung ketan bisa ditambah atau dikurangi tergantung tingkat kekeringan tepung. Yang penting adonan bisa kental.


Itulah artikel tentang makanan khas dari Bojonegoro, semoga bermanfaat..........,


fiforlif fiber

2 komentar:

  1. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih

    ReplyDelete