Monday 30 March 2015

Fakta Seputar Selaput Dara Wanita

Fakta Seputar Selaput Dara Wanita

Banyak sekali yang menganggap bahwa selaput dara sering dikaitkan dengan keperawanan pada seorang wanita, beberapa di kalangan medis juga berpendapat bahwa selaput dara tidak bisa dijadikan indikator keperawanan.

Pada jaringan dari vulva biasanya sangat tipis dan lembut sebelum masa pubertas, sehingga sering menyebabkan robek atau meregangnya selaput dara perawan pada perempuan muda saat melakukan olahraga seperti menunggang kuda, bersepeda ,senam atau ketika menggunakan pembalut wanita
Selaput dara atau Hymen berasal dari bahasa Yunani yang artinya membran. Seperti dikutip dari buku 'Menjaga Organ Intim' yang ditulis oleh dr. Maria Dwikarya, DSKK, hymen atau sering disebut selaput dara adalah bingkai paling dalam yang terletak pada sepertiga luar organ intim wanita.

Untuk bagian tubuh yang satu ini banyak beredar mitos dan anggapan yang tidak sepenuhnya benar.

Berikut beberapa fakta tentang selaput dara. Berikut empat fakta yang wajib Anda ketahui:

1. Selaput dara menipis

Pada bayi, kondisi selaput dara cenderung besar dan tebal. Tapi seiring berjalannya waktu jaringan selaput dara akan menipis, lebar dan terbuka. Hal ini adalah normal akibat dari beragam aktifitas seperti olahraga, pembersihan atau kegiatan sederhana seperti berjalan.

2. Darah muncul bukan karena robeknya selaput dara

Darah pada malam pertama juga bukan disebabkan oleh robeknya selaput dara. Hal itu lebih disebabkan karena pasangan baru cenderung masih saling mengeksplorasi, terlalu terburu-buru dan kurang lubrikasi. Sehingga, jaringan vagina yang sangat sensitif mengeluarkan darah dan itu bukan disebabkan robeknya selaput dara.

3. Rasa sakit saat berhubungan seksual pertama kali bukan karena robeknya selaput dara

Rasa sakit yang dialami wanita saat pertama kali berhubungan seksual bukan disebabkan karena robeknya selaput dara. Sebagian besar membran tipis tersebut sebenarnya telah terbuka sebelum berhubungan seksual untuk pertama kalinya. Itu karena terdapat lubang tipis untuk keluarnya darah menstruasi.

4. Selaput dara tidak menutup organ intim wanita

Selaput dara tidak menutup seluruh lubang organ intim. Seperti disebutkan di awal, terdapat lubang kecil agar darah haid bisa keluar.

Demikian beberapa Fakta Seputar Selaput Dara Wanita, semoga bermanfaat pada sobat blogger sekalian...


selaput dara perawan buatan

1 komentar: